Kamis, 11 Oktober 2012

The Rythm Kings (1967)




The Rythm Kings (1967)

Rhythm Kings yang berdiri tahun 1967 dipimpin Darmawan Purba (gitar), kemudian pada saksofon Darma Purba, Raja Muda (keyboard), Darmawi Purba (bas), dan Yahya (drum).
Grup yang mengandalkan vokalnya pada trio Darma, Darmawan, dan Darmawi ini pada tahun 1972 sudah menghasilkan rekaman lagu-lagu pop, seperti Kasih Bersemi, Permohonanku, Kisah Asmara, Sepatah Kata, dan Permohonan Terakhir. Pada awal tahun 1970-an, lagu rock berlirik bahasa Indonesia baru ditemukan lewat rekaman grup Bandung, Giant Step. Sayang, rekaman ini bergeming di pasar sehingga grup rock lainnya hanya bersedia diproduksi sebuah perusahaan rekaman jika merekam lagu-lagu sweet atau pop. Rhythm Kings termasuk yang paling banyak menghasilkan album rekaman dibandingkan dengan dua saingan beratnya. Dalam usianya yang ke delapan pada tahun 1975, grup ini telah menghasilkan tujuh album termasuk satu album lagu Batak Karo.

Keterangan lain mengenai Rhytm Kings

Diawal 70-an Surabaya boleh saja bangga punya AKA dan Bandung  punya Rollies serta Rhapsodia yang nyaris menguasai panggung pertunjukan pada masa itu tapi Medan-pun punya Rhythm Kings yang berdiri pada tahun  1967 kelompok anak anak muda yang awalnya bermain musik pada acara tujuhbelasan dimana saat itu mereka belum mempunyai nama untuk groupnya itu yang ada hanyalah nama Rhythm King pada drum yang digebuk oleh  Reynold Panggabean yang mana kemudian masyarakat menjuluki mereka sebagai group Rhythm Kings yang kemudian nama itu membawa berkah dan menjadikan mereka sebagai The First Class Band In Town. Rhythm Kings pada awalnya terdiri dari Reynold Panggabean (drum), Taruna Said (gitar), Darma Purba (saksofon) dan Darmawi Purba (bass), mereka sering membawakan lagu The Monkeys, Tilman Brother, Otis Reding, The Papas & The Mamas dan The Shadows serta fifth Dimension entah sudah berapa kali sejak berdirinya Rhythm Kings ini mengalami pergantian pemain dari sejak berdirinya hingga tahun 1970 dimana pada akhirnya mereka mengalami perggantian yang mereka rasakan pas dengan masuknya Radja Muda Nasution mantan keyboardist Group The Amateurs dan Yahya mantan drummer The Fingers.

PH mereka pertama direkam di Singapura hasil petunjuk dan kerja sama dengan John Tangkau (mantan composer Rollies) pada tahun 1970 mereka terdiri dari  Darmawan Purba (gitar), Darma Purba (saksofon), Raja Muda Nasution (keyboard), Darmawi Purba (bass), dan Yahya (drum).Orientasi mereka dalam memilih lagu-lagu group luar-pun telah berubah total,Rhythm Kings berubah menjadi group hard rock bilamana mereka dipanggung mereka menyanyikan lagu-lagu Led Zeppelin, Deep Purple,Uriah Heep, BS&T, Chicago dan Yes, memang Rhythm Kings merupakan group rock elite dari Medan.Darma, Darmawi dan Darmawan adalah anak-anak ‘The Have’ karena ayah mereka Madja Purba adalah walikota Medan saat itu .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar