Rabu, 26 September 2012

Stasiun Luar Angkasa

Statiun luar angkasa adalah struktur buatan yang dirancang untuk manusia untuk dapat tetap hidup di luar angkasa untuk periode mingguan, bulanan, dan bahkan tahunan. Beberapa statiun luar angkasa yang kita kenal diantaranya  adalah :

SALYUT 1


      Salyut 1 adalah statiun luar angkasa milik Uni soviet yang merupakan statiun luar angkasa buatan manusia yang pertama. Salyut 1 diluncurkan pada 19 April 1971. Statiun luar angkasa ini mempunyai panjang 15,8m dan diameter maksimum 4,15m sementara volume yang dapat dimukimi adalah 90m kubik. Berat saat peluncuran sekitar 18,9 ton. Salyut 1 memasuki atmosfer bumi kembali pada 11 Oktober 1971
MIR


MIR berarti dunia atau damai dalam bahasa Rusia.Adalah Sebuah statiun luar angkasa Uni Soviet yang telah menuai berbagai keberhasilan selama dioperasikan. Mir kemudian menjadi tinggal permanen jangka panjang bagi para astronot atau kosmonot yang tengah menjalankan misi penyelidikan dan penelitian di angkasa.
Mir dipasang di orbit secara bertahap, diluncurkan secara terpisah satu per satu sejak tanggal 19 Februari 1986 sampai tahun 1996, kemudian disambungkan dan disatukan hingga membentuk stasiun luar angkasa.

ISS
  
     ISS (International Space Station - stasiun luar angkasa international)
adalah sebuah gabungan stasiun luar angkasa dari berbagai negara, terutama Mir2 Rusia, Stasiun luar angkasa Freedom Amerika Serikat dan fasilitas orbital colombus eropa. Stasiun luar angkasa internasional tersebut digunakan sebagai tempat tinggal permanen bagi astronot atau kosmonot selama menjalankan misi luar angkasa.
   ISS merupakan proyek gabungan dari 16 negara, yakni Amerika Serikat (NASA), Rusia (Russian Federal Space Agency), Jepang (JAXA-Japan Aerospace Exploration Agency), Kanada (CSA- Canadian Space Agency), Brazil (AEB - Agencia Espancial Brasileira - Brazilian Space Agency), dan 11 negara dari Uni Eropa (ESA- European Space Agency). ISS telah ditempati oleh paling tidak dua orang sejak tanggal 2 November 2000.                                                                                                                                                                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar