Ada beberapa jurus yang memang terbukti dahsyat dan mampu meningkatkan
omzet secara signifikan. Namun di antara semua jurus tersebut, ada satu
yang paling power fulldan tidak boleh digunakan sembarangan karena
saking power full-nya.
Bila digunakan pun haruslah
digunakan untuk hal yang bermanfaat. Jurusnya adalah Hukum Psikologis
Timbal Balik. Jurus ini dulu dipakai oleh sebuah organisasi keagamaan
Hare Khrisna Society di Amerika (1970-an). Dalam waktu 34 tahun, mereka
bisa membangun 321 kuil di Amerika & di luar negeri.Apa yang
dilakukan? Anggota kelompok mereka menghampiri banyak orang yang turun
dari bandara atau di jalanan.
Mereka memberi buku (biasanya Bhagavad Gita), majalah, atau hadiah yang paling cost effective yaitu
bunga. Saat itu, orang-orang yang lewat mendadak mendapatkan bunga di
tangan mereka atau disematkan di baju. Ketika orang menolak,mereka
selalu ngotot. "Tidak, ini hadiah dari kami, gratis".
Kemudian
setelah orang itu menerima, orang-orang dari organisasi Khrisna ini
mengeluarkan kertas permintaan sumbangan dan menyebutkan mereka sedang
membangun tempat peribadatan. Aksi ini sukses besar. Sampai akhirnya
dilarang pemerintah Amerika akhir ‘70- an (Cialdini).
Sementara itu, di salah satu hotel di Pekanbaru, angka pendapatan dari divisi laundry adalah hampir nol. Banyak orang tidak mau memanfaatkan jasa laundry di
hotel itu, karena biasanya harganya mahal.Ini akan semakin terasa di
hotel yang peringkatnya bintang tiga dan ke bawah. Pasalnya, tipikal
tamu yang masuk ke hotel ini ingin mencari harga semurah
mungkindanmerekaterbiasa berhemat. Lalu, diadakanlah program setiap tamu
yang menginap di kamar standar akan mendapatkan "gratis laundry" sebanyak empat potong pakaian.
Setiap kali tamu check-in, voucher laundry diberikan kepada tamu bersamaan dengan voucher untuk sarapan pagi. Namun, cara ini kurang efektif karena voucher ini sering kali tidak terlihat oleh tamu. Terhimpit oleh voucher sarapan
pagi. Maka cara penawarannya pun diubah. Setiap kali tamu check-in ke
hotel, petugas akan langsung menerangkan bahwa setiap tamu mendapatkan
jatah gratis laundry sampai empat potong. Dengan cara ini, tingkat pemakaian laundry gratis
meningkat, namun belum optimal. Belum meningkat drastis. Beberapa orang
akan langsung putus asa dan mengira bahwa ide ini tidak bagus dan tidak
bisa dipakai.
Namun, setelah bertanya langsung kepada tamu,
ditemukan bahwa tamu sering lupa bahwa mereka mendapatkan fasilitas
gratis laundry begitu masuk kamar. Setelah menghidupkan TV dan
beristirahat, tamu lupa. Saat keesokan harinya mau sarapan pagi, baru
teringat bahwa mereka punya voucher gratis. Maka cara ini disempurnakan lagi. Program ini juga dibantu oleh petugas yang mengantarkan tamu ke kamar saat check-in.
Mereka akan bertanya, "Bapak/Ibu,apakah ada pakaian kotor yang ingin
kami cucikan sekalian? Bila ada, saya bisa membantu membawakannya ke laundry sekarang, sehingga besok bajunya sudah kering".
Dengan
inisiatif seperti ini, tamu merasa senang dan diperhatikan. Mereka
merasa bahwa petugas hotel sungguh peduli. Saat tamu merasa senang,
mereka relatif lebih royal dalam pengeluaran. Saat tamu memeriksa
kopernya, biasanya baju kotor ada lebih dari empat potong. Mereka merasa
tanggung kalau hanya mencuci empat potong dan membawa sisa baju kotor
pulang. Biasanya tamu akan langsung memeriksa harga laundry.
Saat memeriksa, biasanya tamu menemukan harga laundry ternyata bisa diterima dan cukup murah. Maka tamu langsung menitipkan beberapa helai lagi baju kotornya. Dari angka laundry tamu
yang hampir nol per hari, sekarang meningkat drastis. Lebih dari
separuh tamu hotel mencucikan bajunya dan biasanya mereka mencuci lebih
dari empat potong. Kadang ada yang mencuci sampai 16 potong. Sebenarnya
berapa besar biaya yang dikeluarkan oleh hotel untuk mencucikan baju
gratis sebanyak empat potong?
Sangat kecil. Hanya sedikit ekstra deterjen dan beberapa menit untuk menggosok baju tamu tersebut, karena laundry hotel termasuk salah satu unit bisnis yang kecil biayanya dan tinggi profit marginnya. Berapa banyak laundry berbayar
yang dilakukan oleh tamu karena terpancing oleh fasilitas gratis
tersebut? Lebih dari separuh hotel melakukannya. Hotel hanya
mengeluarkan sedikit biaya, namun mendapatkan banyak order berbayar. Apa
efeknya bagi tamu? Tamu merasa sangat senang, karena biasanya biaya laundry cukup mahal. Ini juga akan sangat bermanfaat bagi tamu hotel yang menginap dalam jangka waktu lama.
Dengan
begitu, mereka tidak perlu mencuci baju sendiri atau bahkan membawanya
ke laundrydi luar. Selain menghabiskan tenaga, juga menghabiskan
waktu.Tamu perusahaan yang biasanya semua dibayarkan oleh perusahaan pun
akan senang, karena perusahaan bisa menghemat begitu banyak biaya
laundry dari banyaknya eksekutif yang sering ke luar kota. Tamu senang,
perusahaan senang, pihak hotel senang,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar